Pages

Kamis, 27 Juni 2013

CNN: 5 Tempat Menyelam Teraneh di Dunia

Bagi Anda yang gemar menyelam, lautan Indonesia merupakan surga untuk kegiatan ini. Bahkan, CNN memasukkan Indonesia sebagai salah satu tempat paling aneh di dunia untuk menyelam.
Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia.
Banua Wuhu di Indonesia. Foto: Ocean Rover Cruises
Menurut CNN, Banua Wuhu merupakan tempat menyelam yang aneh. Letaknya di sekitar kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Kawasan ini dianggap ekstrim karena adanya gunung berapi di bawah laut yaitu Banua Wuhu yang berada 300 meter di barat daya Pulau Mahengetang.
Titik kepundan gunung Banua Wuhu ditandai dengan keluarnya gelembung di antara bebatuan. Suhu rata-rata perairan tersebut anraea 37-38 derajat celsius. Para penyelam harus berhati-hati dengan gelembung tersebut.
Jika tidak hati-hati panas dari gelembung tersebut bisa menyebabkan luka bakar. Terkadang para penyelam juga bisa mendengarkan gemuruh dari gunung berapi.
Celah Dua Lempeng Dunia di Islandia.
Retakan Silfra di Islandia. Foto: Dive The North
Selain Indonesia, CNN menyebutkan beberapa tempat lainnya. Salah satunya retakan Silfra yang berada di Thingvellier National Park, Islandia. Menyelam di tempat ini berarti Anda sedang menyelam di antara dua benua karena kawasan ini merupakan pertemuan dua lempeng tektonik Amerika Utara dan lempeng Eurasia.
Di kawasan ini, Anda bisa menyelam di dalam retakan lempeng benua. Air di sini sangat jernih dengan temperatur yang cukup dingin. Tidak hanya jernih, airnya cukup bersih dan aman untuk diminum.
Puing Reruntuhan di Jepang.
Puing Reruntuhan di Jepang. Foto: Ogata Shin
Terletak di sekitar Kepulauan Yaeyama, yang biasa disebut dengan Yonaguni, merupakan puing reruntuhan di bawah laut yang penuh misteri. Banyak yang menganggap bahwa Yonaguni adalah peradaban yang hilang, namun hal ini masih menjadi sebuah perdebatan di kalangan arkeolog.
Situs ini diperkirakan berusia 5.000 hingga 8.000 tahun, berupa puing batuan yang seolah-olah dipahat. Hanya saja untuk menyelam ke kawasan ini, dibutuhkan keahlian menyelam karena reruntuhan terletak di perairan terbuka dengan gelombang tinggi dan arus yang kuat.
Galeri Seni Bawah Laut di Meksiko.
Modern Art Underwater di Meksiko. Foto: Jason Deoaires Taylor
Jika Anda penggemar menyelam sekaligus penggila seni, menyelam di Museum of Underwater Modern Art di perairan Cancun, Meksiko, merupakan pengalaman yang tak akan terlupakan.
Di bawah laut terdapat lebih dari 400 patung permanen karya Jason deCaires Taylor. Patung tersebut dibuat dengan campuran semen khusus yang membantu tumbuhnya terumbu karang. Tentu saja, sensasi menikmati pahatan patung di bawah laut berbeda dengan di atas daratan.
Kuburan Bawah Laut di Amerika Serikat.
Neptune Memorial Reef. Foto: Todd Essick
Neptune Memorial Reef terletak lima kilometer lepas pantai dari Miami ada suatu kawasan bawah laut yang difungsikan sebagai makam. Hasil kremasi dari orang yang sudah meninggal dicampur dengan semen khusus, pasir, dan juga air.Kemudian dibentuk sesuai dengan keinginan pemesan.
Karang ini juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan terumbu karang. Nantinya kawasan ini bisa menampung 100.000 monumen orang yang dikremasi.

Sumber: CNNGo

0 komentar:

Poskan Komentar