Pages

Selasa, 18 Juni 2013

7 Lubang Kerusakan di Bumi

7. PERTAMBANGAN PERMATA EKATI , CANADA

Yang merupakan kawah raksasa yang lain dibelahan bumi Canada , pertambangan permata Ekati yang berada dibagian utara benua Amerika yang merupakan pertambangan permata komersial pertama , pertama dibuka 1998, sebagai efek demam permata sehingga penggalian terus digenjot dan tanpa ragu digali bagaikan tiada akhir. Sebenarnya hanya berjarak selemparan batu dari pertambangan permata Diavic sekitar 20 km saja dengan arah lebih dekat dengan lingkaran Artic – karena sangat dinginnya hingga orang mengatakan disanalah tempat pinguin lagi backpacking.
Tertutup lapisan es: pertambangan Ekati sedang membeku dalam temperatur musim dingin 
Seperti halnya pertambangan Diavic , pertambangan Ekati juga diakses melalui jalus melingkar labirint yang mereka sebut sebagai hair-raising yang hampir selalu ditutupi lapisan es perlu waktu sekitar 15 menit untuk melaluinya seperti yang pernah ditayangkan pada program televisi The History Channel’s Ice Road Truckers,  Yang menampilkan seorang pengemudi truck yang bergelar Darned crazy canucks? yang menyopir dengan gila karena pada saat itu mengangkut sekitar 40 juta karat lebih atau sekitar (8000 kg) permata melewati jalan itu dengan sangat stabil yang merupakan hasil tambang disana.

 

 

6. LUBANG PERTAMBANGAN GRASBERG , INDONESIA

Dibuka pada tahun 1973, pertambangan Grasberg ini adalah pertambangan Emas terbesar di dunia serta penghasil tembaga terbesar ke 3 didunia. Seperti kita lihat diatas cukup merusak pemandangan dan keseimbangan alam disana , mempekerjakan 19500 karyawan , dengan saham mayoritas dimiliki perusahaan yang berbasis di Amerika . Akan tetapi masih diragukan masalah perijinannya oleh pemerintah Indonesia apalagi rakyatnya , pernah diserang oleh  OPM atau gerakan papua merdeka pada tahun 1977.
Photo antariksa yang kami dapat: yang dikirimkan oleh seorang Astronaut diatas langit pertambangan Grasberg 
Hari ini ,terlihat semakin curam sebagai jalur melingkar yang biasanya dilalui truk penambangang dan masyarakat keluar masuk disana . Pada tahun 2006 , telah memuntahakan lebih dari 610800 ton tembaga dan 58 ton emas , dengan penggalian yang cukup mudah untuk merusak ekosistem disana serta berbagai ketimpangan alam yang ada disekitar sana, kontaminasi air serta longsornya tanah pertambangan masih menjadi perhatian disana , dan masih diperdebatkan cukup sengit akan tetapi penggalian tetap berlangsung hingga saat ini.

 

 

5. PERTAMBANGAN CHUQUICAMATA, CHILE

Chuquicamata yang berada Chile ini adalah sebuah lubang tambang berukuran raksasa yang masih dalam gejolak dan telah menghasilkan total 29 juta ton tembaga. Meski telah digali selama lebih dari 100 tahun dengan eksplorasi yang cukup intensif, lubang ini masih bisa disebut sebagai penghasil tembaga terbesar yang pernah ada , dan klubang terbesar yang ada sepanjang 43 kilometer , dengan lebar sekitar 3 kilometer serta kedalaman lebih dari 850 meter.
Pemandangan yang cukup indah namun aneh : lubang pertambangan Chuquicamata terlihat dari permukaan udara diatasnya
Penambangan tembaga telah dilakukan pada galian Chuquicamata selama berabad-abad lamanya ,telah ditunjukkan pada sebuah penemuan pada tahun 1898 atas sebuah Mumy yang tertanggal 550 masehi yang ditemukan terjebak didalam sebuah terowongan pertambangan kuno oleh sebuah yayasan yang bernama Cave-in. Masuknya penambangan besar bagaikan tersedot medan magnet demam pertambangan emas merah yang dimulai setelah berakhirnya perang pasifik, pada saat itu sempat diwarnai berbagai perkemahan penambang , terkenal dengan bebas aturan seperti minuman beralkohol , perjudian , prostitusi bahkan pembunuhan yang cukup marak.

 

 

4. PERTAMBANGAN ESCONDIDA, CHILE

pertambangan ini milik sebuah perusahaan yang bernama The Minera Escondida Mining Co. Berjalan seiring pembukaan penggalian pertambangan kembar yang membuat negara Chile sebagai ibukota tembaga terbesar didunia. Dibangun mulai tahun 1990 , dan pertambangan ini mengambil alih dominasi pertambangan tembaga sebagai penghasil tembaga terbesar tahunan didunia , pada tahun 2007 saja telah menghasilkan 1,48 juta ton dan menghasilkan keuntungan lebih dari  $10,12 miliar dolar amerika – yang semuanya dalam bentuk dollar Amerika yang sangat buanyak.
Lubang pertambangan Escondida terlihat dari langit: Terlihat pada bagian bawah gambar
Dampak lingkungan atau efek samping , Pertambangan Escodida telah menjadi sebuah kunci penggerak ekonomi masyarakat Chile dengan mempekerjakan sekitar 2951 orang secara langsung. Sebuah serangan yang terjadi pada tahun 2006 yang disebabkan para pekerja mulai merasa pembagian keuntungan yang mereka terima tidak sebanding dengan keuntungan yang sangat tinggi dari hasil penjualan tembaga yang terus melambung.Setelah perdebatan yang sengit tentang pembayaran tuntutan tersebut ,  serikat pekerja secara singkat langsung memblokade jalan menuju pertambangan (wicak) .
 
 
 
3. PERTAMBANGAN PERMATA UDACHNAYA , RUSSIA
Seperti penggalian di  Sarlacc yang terletak pada Steroids, pertambangan Udachnaya yang berada di Russia ini merupakan sebuah galian pertambangan terbuka yang berukuran raksasa – sebagai lubang penambangan permata sedalam lebih dari 600 meter yang melubangi kerak bumi . seperti yang anda lihat sebuah lubang yang cukup besar dan dalam. Terletak pada sebuah negara bagian Russia yang terletak pada Republik  Sakha dengan populasi penduduk yang sangat jarang, yang terletak diluar limngkaran kutup utara atau samudera Artic.  inilah lubang pertambangan batu permata dengan harga yang cukup mahal yang selalu digenjot produksinya untuk memenuhi permintaan pasar serta keserakahan finansial pemilikinya.
terlihat sebuah kedalaman : lubang pertambangan  Udachnanyay terlihat dari sisi bagian selatan
Setelah ditemukannya kandungan permata di tempat itu yang akhirnya dinamakan  Udachnanyay , telah ditemukan pada tahun 1955 hanya sehari setelah peresmian pertambangan Mirny (liputan dibawah).Pipa pertambangan Udachnaya  dikendalikan oleh Alrosa , sebuah perusahaan permata terbesar di Russia. yang akan mengehntikan operasional tambang terbuka dan mendukung pertambangan bawah tanah pada tahun 2010, terdengar sedikit menyenangkan.

 

 

2. PERTAMBANGAN PERMATA MIRNY , RUSSIA

Berada di sebuah kota yang bernama Siberia yang terkenal dengan Mir Diamond Mine yang hadir dengan pembangian kue dalam numero holie. Merupakan lubang tambang berlian terbuka yang terbesar didunia, terkenal juga dengan nama monster Russia memiliki lubang permukaan berdiameter 1,2 km serta kedlaman 525 meter. saking besarnya lubang sehingga membuat arus angin seakan tersedot kedalamnya menumbulkan efek downdraft yang bisa menimbulkan sebuah helikopter bisa tersedot kedalam lubang kemudian tabrakan. Yang sangat terkenal sebagai no fly zone disekitar lubang ini (wicak) .
Pusaran bumi : Lubang Mir terlihat seolah-olah bisa menyedot rumah serta helikopter
Setelah ditemukannya pada tahun 1955 , para pekerja di Mir harus mengatasi keadaan suhu yang cukup dingin dan kondisi yang sangat keras serta beku serta hal-hal yang lain dimusim dingin yang bisa menghancurkan ban serta logam. Dan dihentikan masa operasionalnya pada tahun 2001 , telah memproduksi 10 juta karat (2 ton ) permata pertahun pada puncaknya , setidaknya itulah yang tercatap dari sumber survey kami : ka-bling. kabar baiknya telah direncanakan untuk reklamasi lubang tersebut dengan sebuah gedung enkapsulasi.

 

 

1. BINGHAM CANYON MINE, USA

Jadi inilah yang mereka sebut sebagai he carbuncle supremo, sebuah pertambangan Bingham Canyon yang berada di sebuah negara bagaian Amerika yang bernama Utah. yang merupakan lubang pertambangan terbesar didunia buatan manusia . Berbentuk lubang raksasa dengan lebar 4 kilometer dan tetesan lilit perus sedalam 1,2 kilometer kedalam permukaan tanah. Mulai diextraksi pada tahun 1863. yang telah mencatat hasil pertambangan lebih dari 17 juta ton tembaga serta 715 ton emas -sebuah beban mental dari pertambangan logam(wicak).
masih yang terbesart: pertambangan Bingham Canyon Mine terbaring menelanjangi permukaan bumi
pada permulaan tahun 1900-an kamp-kamp pertambangan berbaris menjajar sepanjang dinding ngarai yang cukup terjal , akan tetapi beberapa dari mereka harus tersingkir dikarenakan perkembangan pertambangan. pada masa sekarang telah memperkerjakan 1400 pekerja serta menghasilkan 50000 ton material yang harus dipindahkan setiap harinya . Apa lagi?, lubang raksasa luka bumi ini serta sejarah landmark nasional terus berkembang- dan akan berlanjut setidaknya sampai tahun 2013 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar