Pages

Rabu, 12 Juni 2013

10 Lift Terunik, Terkeren dan Terdahsyat di Dunia

Lift merupakan sarana untuk memudahkan mencapai tingkat tertinggi pada sebuah bangunan atau gedung. Namun lift-lift yang tersebar di berbagai belahan dunia ini muncul melebihi ekspektasi dan mimpi terliar banyak orang karena keunikannya. Mari kita lihat lift-lift unik nan hebat ini :

1. AquaDom, Berlin (Jerman)



AquaDom
Saat orang-orang naik lift ini, mereka akan merasakan pengalaman seolah sedang berada di bawah laut. Aquarium transparan setinggi 25 meter ini terdapat di Hotel Radisson Biu. Kita bisa melalui bagian tengahnya. Aquarium ini memiliki 1500 ikan dari 50 spesies yang berbeda. Ada 3-4 penyelam yang bertugas memberi makan dan membersihkan aquarium ini.


2. Lift Hammetschwand, Switzerland


Lift Hammetschwand

Lift dengan eksterior tertinggi di Eropa ini membawa penumpangnya ke daerah antara Danau Luzern dan Hammetschwand dengan pemandangan menakjubkan di atas.


3. Falkirk Wheel, Falkirik, Skotlandia


Falkirk Wheel

Falkirk Wheel

Falkirk Wheel

Lift ini dibangun pada tahun 2002 untuk memindahkan kapal antara 2 kanal. Lift ini merupakan satu-satunya lift berputar di dunia yang diperuntukkan untuk kapal.


4. Asansor, Izmir, Turki


Asansor

Lift unik ini dibangun pada tahun 1907. Dibangun untuk memindahkan orang dan barang dari tebing yang curam.


5. Globen SkyView, Stockholm, Swedia


Globen SkyView

Globen SkyView

Gondola yang terbuat dari kaca pada bangunan bundar terbesar di dunia ini membuat penumpangnya bisa melihat pemandangan kota Stockholm dari ketinggian 130 meter dari permukaan laut. Benar-benar unik dan sekaligus menantang nyali siapapun yang mengaku berani.


6. Lacerda Elevator, Salvador Bahia, Brazil


Lacerda Elevator

Para pengunjung Cayru Plaza di Salvador Bahia bisa naik lift selama 30 detik dengan ketinggian 71 meter dari kota bawah ke kota atas.


7. Lift Mercedes-Benz Museum, Stuttgart, Jerman

 Lift Mercedes-Benz Museum
 Lift Mercedes-Benz Museum

Selain menyimpan koleksi mobil, di museum ini terdapat pula tornado buatan dalam ruangan terbesar, elevator bentuk kapsul, dan bisa melihat langsung ke atap. Liftnya sangat unik dan futuristik bagaikan sedang berada dalam pesawat angkasa luar Star Trek.


8. Lift Santa Justa, Lisbon, Portugal


Lift Santa Justa

Obyek wisata menarik yang dibangun pada tahun 1901 oleh murid Alexandre Gustave Eiffel (pendiri Menara Eiffel di Paris) ini merupakan satu-satunya lift vertikal yang tersisa di Lisbon yang mempunyai desain Neo-Gothic dengan interior detil dan pintu bergaya sangkar burung. Apabila kita naik sampai puncaknya, kita akan melihat keindahan panorama kota Lisbon dari ketinggian 129 meter.


9. Bailong, Zhangjiajie, China


Bailong

Dibangun disisi tebing daerah Wulingyuan, Zhangjiajie. Lift ini naik setinggi 304,8 meter dan tertinggi sedunia. Benar-benar dahsyat.


10. Gateway Arch Lift, St. Louis, Amerika Serikat


Gateway Arch Lift
Pengunjung Gateway Arch bisa naik trem untuk merasakan dekat monumen ikonik ini. Meski kemiringannya curam, trem akan tetap stabil selama perjalanan selama 4 menit sampai ke dek observasi.

Kira-kira Indonesia bisa atau tidak membangun lift luar biasa seperti yang telah disebutkan semuanya di atas?


Sumber : memobee.com 

0 komentar:

Poskan Komentar