Pages

Rabu, 01 Mei 2013

Inilah Penemu Teka-Teki Silang

 
http://sekitarduniaunik.blogspot.com
 
Siapa Penemu Teka Teki Silang - Teka-Teki Silang (TTS) ditemukan oleh Arthur Wynne (1862-1945), wartawan Amerika kelahiran Inggris, yang bekerja di media New York World.

Penemuannya itu dipicu ketika koran tempatnya bekerja memintanya membuat sebuah permainan untuk dimuat di koran terbitan mereka.

Wynne kemudian mendapat ide dari permainan yang sering ia temui saat masa kanak-kanak, yakni Kotak Ajaib (Magic Squares), yang merupakan permainan kata-kata yang mengharuskan pemain menyusun kata agar sama—mendatar dan menurun hingga membentuk kotak. Permainan itu lalu ia ubah menjadi teki-teki silang, dan TTS tersebut dimuat pertama kali di harian New York World edisi 21 Desember 1913.

TTS pertama waktu itu dibuat dengan pola ketupat yang sederhana dan sangat mudah diisi atau dimainkan. Karena kesederhanaan dan kemudahan itu pula yang kemudian menjadikan banyak orang langsung menyukainya. Kesuksesan TTS itu pun segera diikuti oleh berbagai media lain. Hingga kemudian Arthur Wynne menerbitkan buku teka-teki silang pertamanya pada 1924.

Kemudian, pada tahun 1942, New York Times, koran ternama di Amerika, membuat standar untuk TTS. Standar itu meliputi bentuk dan panjang kata minimal yang digunakan. Standar baru itu menjadikan permainan TTS semakin mengasyikkan dan populer, hingga akhirnya menyebar ke berbagai belahan dunia.

0 komentar:

Poskan Komentar