Pages

Kamis, 30 Mei 2013

Fakta Tentang Kota-Kota Legendaris yang Hilang

Ternyata, bukan hanya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia saja yang bisa runtuh dan hilang. Tapi Anda harus tahu bahwa ternyata ada juga beberapa kota legendaries yang hilang karena ditinggalkan oleh penduduknya dan meninggalkan puing-puing bangunan kokoh. Selain karena ditinggalkan oleh para penduduknya, ternyata kuatnya mitos-mitos yang melekat pada kota tersebut, gejala geologis, dan faktor lainnya juga dapat menyebabkan hilangnya kota-kota ini. Untuk menambah pengetahuan kita semua, langsung saja kita simak kota apa saja yang telah hilang dan fakta unik yang menyebabkan hal itu dapat terjadi.

1. Kota Atlantis

foto atlantis oleh unik segiempat
Tentunya, cerita legendaris mengenai kota ini sudah banyak kita dengar dari buku-buku Plato seperti Timaeus dan Critias. Kota yang digambarkan Plato sebagai suatu bentuk peradaban maju dan memiliki kekuatan laut tangguh ini memiliki satu mitos yang menyebutkan bahwa Atlantis dapat tenggelam akibat murkanya para dewa atas kelakukan yang telah dilakukan oleh para penghuni kota ini. Namun para peneliti menyatakan bahwa kota ini tenggelam akibat adanya keadaan geologis.

2. Kota Troya

foto troy oleh unik segiempat
Pernah melihat film Troy yang dibintangi Orlando Bloom? Dalam film itu, kengerian perang yang terjadi antara Kerajaan Sparta dan Kerajaan Troya akibat ulah Pangeran Paris yang mencuri Helena—istri Raja Sparta, Menelaos—ternyata benar-benar menyisakan sebuah cerita unik nyata tentang hilangnya kota yang terletak di Turki Modern ini. Troya yang awalnya hanya dianggap banyak orang sebagai mitos biasa, akhirnya mengalami penggalian sekitar tahun 1870-an. Dari penggalian itu, lantas ditemukan banyak reruntuhan bangunan yang dianggap sebagai arsiketur modern pada jamannya.

3. Kota Petra

foto petra oleh unik segiempat
Kota yang terletak di Jordania ini memiliki arsiketur batu yang sangat indah, diukir dari bebatuan pegunungan di sekitarnya dan mulai dieksplorasi sejak abad ke 18. Walaupun hingga kini masih menyimpan misteri, namun kota yang terletak di tengah ngarai padang gurun yang lembab ini menyimpan sejarah sebagai pusat perdagangan sekaligus ibukota dari Kerajaan Nabatean. Akibat serangan Roma pada 106 M, keruntuhannya pun dimulai. Serangkaian gempa bumi melanda dan menyebabkan jalur-jalur perdangan baru memaksa Petra mencapai ujung tanduk di masa kekaisaran Byzantine pada sekitar pertengahan tahun 700 M. Kota ini kemudian dibiarkan kosong dan terbengkalai selama beberapa abad hingga akhirnya ditemukan kembali oleh seorang wisatawan Eropa pada awal tahun 1800.

4. El Dorado

foto el dorado oleh unik segiempat
El Dorado merupakan kota hilang yang keberadaannya paling dicari karena ia dikenal sebagai kota emas. Beberapa sumber memperkirakan jika El Dorado menyimpan emas dalam jumlah yang banyak. El Dorado adalah sebuah kerajaan mistis yang konon pernah ditemukan di kawasan hutan Amerika Selatan. El Dorado dipimpin oleh seorang raja yang kuat dan dengan kekayaan emas yang tak terhingga jumlahnya.

5. Memphis

foto memphis oleh unik segiempat
Dulunya, ibukota dari Mesir Kuno bernama Memphis. Memphis didirikan pada tahun 3100 SM dan menjadi pusat administrasi dari peradaban yang bertahan hingga ratusan tahun tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, Memphis kemudian ditinggalkan oleh penduduknya karena munculnya Thebrs dan Alexandria. Saat Anda menjelajahi Memphis, Anda akan menemukan banyak sekali reruntuhan bangunan-bangunan pada zaman peradaban Mesir Kuno.

0 komentar:

Poskan Komentar