Pages

Minggu, 07 Juli 2013

21 Karyawan Pertama Google, Siapa dan ke Mana Mereka Sekarang?

Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar saat ini. Bisnis yang dikembangkan oleh Google saat ini pun jauh berbeda dengan pada awal peluncurannya. Google saat ini tak hanya dikenal sebagai perusahaan search engine. Beberapa produk lain dari Google pun banyak digunakan, dari OS Android, Google Maps, Gmail dan lain-lain.

Fenomena Google tersebut tentu saja tidak terlepas dari peran para karyawannya, terutama adalah 21 karyawan pertama Google. Lalu bagaimana nasib ke-21 orang tersebut? Berikut ini adalah ulasan singkat dari orang-orang hebat itu. 1. Larry Page
Larry Page merupakan co-founder Google. Saat ini, dia masih berada di Google dan menjabat sebagai CEO.
2. Sergey Brinn
Bersama Larry Page, Sergey Brinn merupakan co-founder Google. Pria ini pun hingga kini masih betah untuk bekerja sama dengan Larry Page.
3. Craig Silverstein
Pria yang satu ini merupakan karyawan pertama yang direkrut oleh Larry Page dan Sergey Brin. Pria ini baru saja meninggalkan Google pada awal tahun 2012 untuk bergabung bersama Khan Academy.
4. Heather Cairns
Wanita ini bekerja di Google dari tahun 1998 hingga 2004. Jabatan terakhirnya di Google adalah HR Manager.
5. Ray Sidney
Pria yang satu ini merupakan seorang software engineer di Google dari tahun 1999 hingga tahun 2003. Sidney meninggalkan Google 13 bulan setelah perusahaan tersebut mengeluarkan IPO.
6. Harry Cheung
Harry Cheung merupakan engineer Google. Dia bergabung di perusahaan yang berbasis di Mountain View tersebut pada 1999. Kini, dia menjadi seorang investor di beberapa startup seperti Qwiki dan Badgeville.
7. Amit Patel
Di Google, pria ini terkenal dengan slogannya, yakni “Don’t be Evil”. Dia bekerja di Google dari tahun 1999 dan kini berada di Sunfire.
8. Urs Hölzle
Urs Hölzle datang ke Google pada tahun 1999. Hingga kini, pria ini masih menjadi karyawan Google dan berposisi sebagai Senior VP untuk infrastruktur teknis.
9. Georges Harik
Sama halnya dengan beberapa mantan karyawan Google, Georges Harik kini mejadi seorang investor. Bahkan dia juga kini dikenal sebagai founder startup bernama imo.im. Pria ini bekerja di Google sebagai software engineer dari tahun 1999 hingga 2005.
10. Salar Kamangar
Anda sering membuka situs Youtube? Salar Kalamar adalah orang yang bertanggung jawab di situs tersebut. Pria ini bekerja di Google sejak tahun 1999 dan kini menjaat sebatai CEO Youtube dan senior VP Video.

11. Omed Kordestani
Pria ini bekerja di Google dari tahun 1999 hingga sekarang. Saat ini, Omid Kordestani menjabat sebagai senior advisor untuk Larry Page dan Sergey Brin.
12. Steve Schimmel
Steve Schimmel saat ini mengaku tengah dalam masa pensiun sementara. Bekerja di Google sejak 1999 hingga 2004, Schimmel berposisi di Business Developement.
13. Rachael Chambers
Wanita yang satu ini bekerja di Google setelah direkrut oleh Larry Page dari Netscape pada tahun 1999. Chambers pun berada tidak terlalu lama di Google, keluar dari perusahaan pada tahun 2000. Saat ini dia bekerja di Cisco sebagai Program Manager.
14. Chris Skarakis
Chris Skarakis bekerja sebagai pimpinan Business Developement Google. Pria yang masuk di Google sejak tahun 1999 ini memutuskan keluar dari Google pada tahun 2005 dan kini dikenal sebagai founder dari Blip.fm.
15. Joan Braddi
Dari 21 karyawan pertama Google, Joan Braddi adalah salah satu dari tujuh orang yang masih bertahan. Wanita ini saat ini menjabat sebagai VP Search Service.
16. Susan Wojcicki
Sama halnya dengan Joan Braddi, Susan Wojcicki merupakan salah satu karyawan wanita pertama Google yang masih bertahan. Saat ini Wojcicki duduk sebagai VP of Product.
17. Gerald Aigner
Gerald Aigner saat ini masih menjabat sebagai salah satu karyawan di Google. Menurut Business Insider, pria ini bekerja di bagian Supply Cost Google.
18. Jim Reese
Pria merupakan salah satu mantan engineer di Google. Semasa bekerja di Google, pria ini pernah terhantam oleh besi batangan seberat 100 kg di salah satu fasilitas Google.
19. Larry Schwimmer
Larry Schwimmer merupakan salah seorang software engineer di Google. Pria ini adalah orang yang memperkenalkan Snippets yang merupakakan sistem produktivitas yang mampu membantu Google untuk mengatur para karyawannya.
20. Kendra DiGirolamo

Bekerja di Google sebagai Advertising Sales Coordinator, Kendra DiGirolamo memutuskan keluar dari perusahaan pada tahun 2001. Kini wanita ini bekerja sebagai analis bisnis di Driscoll. 21. Marissa Mayer
Yang paling fenomenal tentu saja adalah Marissa Mayer. Pada Juli 2012, wanita ini ditunjuk Yahoo untuk menjadi pimpinan CEOnya. Di Google, Mayer bekerja sebagai seorang software engineer.

0 komentar:

Poskan Komentar