Pages

Minggu, 04 Agustus 2013

5 Manusia Paling Kuat di Masa Lalu

Di masa lalu, di abad-abad yang lampau, sirkus merupakan satu-satunya hiburan yang dinanti-nanti oleh sebagian kalangan masyarakat Eropa. Sebuah pertunjukkan yang banyak menampilkan keindahan, keanehan, kecantikan, kelucuan dan kekuatan-ketangkasan. Walaupun seringkali sirkus adalah ajang mendiskreditkan mereka yang terlahir dengan tubuh abnormal, namun tidak semuanya demikian. Berikut kami merangkum 5 manusia terkuat di masa lalu, yang juga merupakan anggota berbagai klub sirkus dunia:
1. John Holtum – Cannonball King (Raja Meriam)
(1845 – 1919)
John Holtum, orang kuat yang berasal dari dataran Denmark. Seringkali ia mengejutkan warga kota yang disinggahi dengan mempertontonkan kekuatanya menahan bola meriam yang ditembakkan ke tubuhnya. Di atas panggung ia akan berdiri beberapa meter di hadapan meriam, dan memberi aba-aba kepada asistennya untuk menembakkan meriam tersebut. Dan Baammm!!!  Bola meriam menghantam tubuhnya, memerlukan kekuatan, daya tahan, nyali dan perhitungan yang matang dalam melakukan aksi ini.
Beberapa orang menyaksikan dan merasa ragu, mempertanyakan keabsahan aksinya itu. Namun pertanyaan mereka terjawab ketika Holtum membawa mereka mengamati meriam serta peralatan lainnya dari jarak dekat. Holtum pernah beraksi di depan orang-orang penting pemerintahan dan kerajaan di berbagai belahan Eropa, ia pun memeroleh kesuksesan di Amerika Serikat.
Namun perlu diketahui akibat aksinya tersebut, ia harus kehilangan tiga jari tangannya, dan disela melakukan aksi ia terkadang menantang penonton yang mau melakukan aksi seperti dirinya dengan imbalan 3.000 franc.
2. Angus MacAskill – Giant MacAskill
(1825 – 1863)
 

MacAskill dilahirkan di Pulau Beneray, Skotlandia, dan pindah ke Nova Scotia. MacAskill dikenal sebagai orang terbesar (ukuran tubuh) di dunia saat itu. Ketika umur 20 tahun tinggi tubuhnya mencapai 223 cm, kemudian di puncak pertumbuhan ia memiliki tinggi 236 cm dengan berat 580 pon. Pada 1849 ia mulai memasuki bisnis hiburan dan bekerja untuk kelompok sirkus, P.T Barnum, lalu bergabung ke General Tom Thumb. Penampilan MacAskill yang paling dikenal adalah mengangkan jangkar kapal seberat 2800 kg. Ia pun memiliki kehebatan mengangkan gentong yang beratnya lebih dari 300 kg di masing-masing tanganya.
Dikabarkan bahkan seorang Ratu Victoria pun mendengar kehebatan MacAskill sehingga ia mengundang sang raksasa tersebut untuk tampil dihadapannya di Kastil Windsor. Setelah tampil dengan hebat dan meyakinkan. Sang Ratu pun memroklamirkan MacAskill sebagai manusia tertinggi, terbesar dan terkuat yang pernah memasuki kastilnya.
3. Arthur Saxon – Master Beban
(1878 – 1921)
 
Arthur Saxon merupakan orang terkuat dan penampil sirkus yang popular di akhir abad ke 19 hingga awal abad ke 20. Aksi yang mencuatkan namanya adalah dengan melakukan ‘tekuk tekan’ (bent press), seperti layaknya orang-orang melatih tubuhnya. Namun menjadi luar biasa ketika beban yang diangkatnya 370 kg, dilakukan dengan menggerakkan otot punggung, kaki, dan tangan.  Arthur memiliki dua saudara lainnya, Kurt dan Hermann, yang juga bergabung bersamanya dalam Saxon Trio. Mereka pun tur keliling Eropa mempertunjukan keahliannya.
Berhembus kabar bahwa Saxon Trio dalam setiap melakukan aksinya tidak dapat ditiru bahkan oleh orang sekuat apapun termasuk saat itu Eugene Sandow. Saat itu Saxon Trio tampil di sebuah pertunjukan yang berlangsung pada 1898, tanpa diketahui Eugene Sandown (pria berotot dan popular saat itu) menontonya.  Namun kehadirannya diketahui setelah Saxon menantang penonton untuk melakukan aksinya, dan berdirilah Eugene.  Dikabarkan seorang Eugene yang berotot tidak mampu melakukan aksi yang dilakukan oleh Saxon.
4. Pierre Gasnier – Hercules Prancis
(1862 – 1923)
 
Gasnier lahir di Prancis dan merupakan salah seorang yang memengaruhi perkembangan dunia sirkus, khususnya mengenai orang terkuat, ia bergabung ke dalam sirkus Barnum dan Bailey. Gasnier mampu merobekkan tumpukan kartu yang tebal menjadi dua,dan memutuskan rantai besi dengan tangan kosong.
Namun demikian ia tidak seperti gambaran orang kuat pada umumnya, tingginya hanya 5,2 kaki dan beratnya 143,5kilo. Ia mampu mengangkan dumbbell seberat 260 kg. Dan melakukan hal lainnya yang tidak mampu dilakukan oleh orang yang bertubuh dua kali lebih besar darinya.
5. Thomas Topham
(1702 – 1749)
 
Topham dilahirkan di Kota London, Inggris, ia merupakan orang terkuat yang popular di abad ke 18 di daratan Britania. Penampilan Topham adalah dengan membengkokan lempengan besi yang memiliki berat 224pon dengan kedua tangannya. Pada 28 Mei 1741 merupakan momen terbaiknya, saat itu ia mampu menganggkan tiga drum yang diisi air seberat 1386 pon.
Kehidupan dan aksi Topham pun menarik perhatian Dr. John Theo Desagulaiers, dan diabadikan ke dalam buku, “A course of Experimental Philosophy.”

0 komentar:

Poskan Komentar