Pages

Jumat, 22 Maret 2013

Guiyu, Kota Sampah Elektronik Terbesar di Dunia



 Kota Guiyu, Cina adalah sebuah kota yang terkenal dengan sebutan e-Waste City atau kota pembuangan elektronik yang mungkin terbesar di dunia. Hampir seluruh sampah elektronik di dunia mungkin saja akan berakhir disini.Kota Geiyu sendiri pertama kali tereksploitasi pada tahun 2001 oleh Basel Action Network (dari Wikipedia) yang mendokumentasikan kota ini.



 Kota Guiyu mulai menerima sampah elektronik sekitar tahun 1995 dan setidaknya ada 150.000 pekerja di kota ini.Masalah yang timbul bukan saja masalah polusi karena sebagian besar barang tidak bisa terurai (dimusnakan) begitu saja tetapi juga kesehatan para pekerja yang ada karena "bermain" dengan suku cadang bekas.





Disini, semua barang bekas elektronik dikumpulkan, dipilah dan nantinya semua komponen akan dicopot satu per satu dan dipilih mana yang masih baik dan mana yang tidak.Kemana yang masih baik atau bisa digunakan? Setidaknya anda bisa tahu dan menerka-nerka kemana "lari"-nya.Oh iya, pada tahun 2008 bahkan sebuah program TV di Amerika juga pernah menemukan bahwa ternyata sebagian sampah elektronik di Amerika sana juga dibuang kesini.

0 komentar:

Poskan Komentar