Pages

Rabu, 03 April 2013

10 Stasiun Kereta dengan Arsitektur Terbaik

Stasiun kereta dengan arsitektur bangunan yang canggih, futuristik, dan eksotis, mampu memberikan kesan yang mendalam serta kenyamanan bagi para penumpang. Inilah 10 stasiun kereta dengan arsitektur terbaik di dunia.
1. St Pancras Station, Inggris

Stasiun kereta ini terletak di London Inggris dan dibangun antara tahun 1864 – 1868. Arsitektur bangunan ini sangat mengesankan, sesuai tahun pembuatanya. Bangunan ini mempunyai suasana kuno yang sangat kental, dengan arsitektur khas Britania serta dipadukan dengan gaya Gothik terang. Di stasiun ini juga terdapat dua patung setinggi 9 meter yang terbuat dari perunggu. Di stasiun ini pulalah terdapat bar sampanye terpanjang di dunia.
2. Antwerpen Central Station, Belgia

Stasiun ini dibangun antara tahun 1895 – 1905. Kereta Api Katedral. Stasiun kereta ini mempunyai bentuk bangunan yang unik seperti gereja dengan kubah besar di atapnya, serta kubah kecil di sisi-sisi pojok bagian atas bangunan. Tak heran jika masyarakat luas lebih sering menyebut stasiun ini sebagai stasiun kereta Katedral.
3. Chhatrapati Shivaji Terminus, India

Stasiun yang terletak di kota Mumbai dan merupakan salah satu stasiun tersibuk di India. Chatrapati Shivaji Terminus dirancang oleh Frederick William Stevens, seorang arsitek Inggris. Nilai arsitektur tinggi karena adanya pembauran dua model arsitektur yaitu antara model gothic barat dengan model India tradisional, sehingga dinilai mem punyai nilai lebih bagi dunia arsitektur abad ke-19an. Pada tahun 2004 stasiun ini ditulis di daftar situs Warisan Dunia sebagai salah satu bangunan warisan dunia.
4. Estacion de Atocha, Spanyol

Pernahkah kalian melihat hutan di dalam stasiun, jika belum pernah, silahkan kalian mengunjungi Estacion de Atocha di Spanyol. Karena di dalam stasiun ini dibuat sebuah miniatur taman yang menyerupai hutan rimba untuk menambah kesan alam di stasiun ini. Stasiun ini awalnya dibuat pada tahun 1851, kemudian pada tahun 1992, mulailah ditambahkan hutan mini seluas 4.000 meter karya Rafael Moneo.
5. Southern Cross Station, Australia

The Southern Cross Station adalah stasiun kereta yang terletak di Melbourne. Sebagai salah satu stasiun kereta paling vital di Australia, tak heran arsitektur bangunan stasiun ini sangat mengesankan. Hal paling menarik dari bangunan ini adalah atap bergelombang. Karena mengesankanya, Stasiun ini sampai dianugerahi Lubetkin Prize oleh the Royal Institute of British Architects, yaitu sebuah penghargaan untuk bangunan baru berarsitektur tinggi yang terletak di luar Uni Eropa.
6. Stasiun Kanazawa, Jepang

Arsitektur pertama yang akan dilihat oleh pengunjung di stasiun ini adalah gerbang besar setinggi 14 meter layaknya gerbang tradisional ala Jepang. Di dalam stasiun, anda akan melihat arsitektur yang paling mengesankan yakni Kubah yang mencakup bagian yang menghubungkan bagian timur dan barat terdiri dari 3.000 panel kaca. Stasiun ini juga dikenal sebagai stasiun yang memadukan gaya tradisional berbasis kayu dengan arsitektur modern berbasis logam.
7. La Gare de Strasbourg, Perancis

Stasiun kereta La Gare de Strasbourg dirancang pada tahun 1883 oleh seorang arsitek asal Berlin bernama Johann Jacobsthal, lalu direnovasi lagi pada tahun 2007. Dalam renovasi ini, ditambahkan rangka kaca serta 120 meter konstruksi kaca di bagian luar, sehingga stasiun ini nampak bagaikan permata yang bersinar bila diterpa oleh sinar matahari.
8. North Park Cable Way, Austria

North Park cable way adalah salah satu stasiun terbesar di Austria yang terletak di Kota Innsbruck. Konstruksi arsitektur bangunan North Park Cable Way ini dirancang oleh studio arsitek Zaha Hadid. Atap bangunan stasiun ini dibuat seperti bentuk gelombang yang abstrak dan menambah kesan futuristik tasiun kereta ini.
9. Kuala Lumpur railway Station, Malaysia

Stasiun kereta di Malaysia sebenarnya adalah stasiun kereta yang cukup tua, pambangunan stasiun selesai pada tahun 1920, sehingga bangunannya sangat bergaya klasik. Tapi jangan salah, walaupun gayanya kuno, stasiun kereta ini tetap nampak elegan. Hal ini terlihat dengan konstruksi bangunan ini yang memadukan gaya barat dan melayu, sehingga kesan kuno yang tampak justru makin menambah nilai historis dan budayanya. Bahkan beberapa orang justru menilai bahwa stasiun ini lebih cocok bila disebut dengan kastil.
10. Berlin Hauptbahnhof, Jerman

Berlin Hauptbahnhof adalah stasiun kereta terbesar di Eropa. Konstruksi bangunannya sangat modern, serta memilki arsitektur bangunan yang futuristik. Stasiun kereta ini selesai dibangun pada tahun 2006. Stasiun ini mempunyai 2 tingkat, 14 bagian serta 80 stand toko yang dibuat senyaman mungkin bagi para pengunjung mengingat stasiun ini adalah stasiun kereta yang sangat vital di jerman. Bangunan ini terdiri dari logam dan panel kaca yang memungkinkan cahaya matahari bersinar ke dalam gedung.

0 komentar:

Poskan Komentar